10 Tips Aman dan Nyaman Perjalanan Mudik Lebaran

tips mudik - kasurmobil.net10 Tips Aman dan Nyaman Perjalanan Mudik Lebaran. Mudik saat lebaran bersama anggota keluarga adalah tradisi yang dilakukan setiap tahun. Macet di jalan bukanlah hambatan, karena bertemu dan berkumpul bersama keluarga jauh lebih menyenangkan, apalagi bila bertemnya setahun sekali. Tak jadi soal perjalanan jadi lebih jauh dan panjang dibanding hari-hari biasanya. Nah, bagi Anda yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, berikut adalah tips ringan yang perlu diperhatikan agar perjalanan mudik Anda menjadi aman dan nyaman.

1. Buat Daftar barang yang akan dibawa

Sebelum berangkat mudik, buatlah terlebh dahulu daftar barang yang akan dibawa, agar tak ada yang tertinggal saat Anda mudik nanti. Daftar barang bawaan dapat mencegah kita dari lupa. Buatlah daftar priortas, dari barang yang terpenting, agak penting, kurang penting, dan tidak penting.

2. Selalu Cek kondisi kendaraan Anda

Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, mobil misalnya, pastikan kendaraan Anda apakah sudah siap digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Sangat disarankan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi sebelum digunakan agar diperiksa secara menyeluruh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil Anda.

3. Cek peralatan kendaraan

Pastikan bahwa seluruh peralatan pada kendaraan Anda tersedia dan dapat digunakan, seperti dongkrak, obeng, tang, kunci pas, senter, dan peralatan lainnya di dalam kendaraan.

4. Bawalah suku cadang kendaraan

Jangan pernah menyepelekan suku cadang. Pastikan bahwa suku cadang kendaraan seperti busi, sekring, tali kopling, ban, tali rem, dan suk cadang lainnya tersedia di dalam mobil Anda.

5. Jangan lupa membawa P3K
Cek kemabli kotak P3K Anda, seperti Minyak angin, balsam, koyo, obat diare, betadine, obat sakit kepala, pereda nyeri, dan obat lainnya yang dibutuhkan. Agar Anda tidak kesulitan saat mengalami rasa sakit.

6. Hiburan

Macet adalah keadaan yang sering terjadi dan tidak mungkin untuk dihindari selama mudik. Tak ada salahnya Anda melengkapi mobil Anda dengan hiburan agar terhndar dari rasa jenuh dan bosan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman baik dalam perjalanan.

7. Peta
Saat ini peta banyak digunakan bila pemudik banyak yang tidak hafal jalan. Dan salah satunya adalah peta online. tapi tak ada saahnya juga bilan Anda menggunakan peta dari kertas, agar dapat digunakan sebagai cadangan saat mudik nanti.

8. Layanan gratis otomotif

Perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik tertentu di jalur mudik. Mereka juga biasanya menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika Anda mendapat masalah dengan kendaran Anda. Carilah informasi di manakah posko-posko itu berada.

9. Baterai dan pulsa

Pastikan bahwa baterai smartphone Anda telah terisi dengan baik, dan jangan lupa juga untuk mengsi pulsa sebelum bernagkat mudik, agar Anda tidak kerepotan saat dalam perjalanan nanti.

10. Jaga stamina tubuh

Jaga stamina tubuh Anda, jangan terlalu dipaksakan berkendara bila Anda merasa lelah. Beristahatlah dengan cukup, misalnya setiap 4 jam, sebelum melanjutkan perjalanan mudik Anda. Agar Anda tidak mudah lelah dan bugar kembali selama menempuh perjalanan. Gunakan kasur mobil portable agar istirahat Anda dan keluarga menjadi lebh berarti.

Baca juga : Tips travelling bersama anak dan keluarga