Tips Bepergian Jauh Dengan Mobil

 

 

Tips Bepergian Jauh dengan mobil. Anda sering bepergian jauh dengan mobil? Berikut beberapa tips untuk Anda agar perjalanan  Anda aman dan nyaman.

1. Periksa Kondisi Ban Kendaraan Anda

Periksa kondisi ban kendaraan Anda, terutama tekanan anginnya, agar perjalanan Anda tidak terganggu karena tekanan angin yang kurang. Bacalah petunjuk tekanan angin yang terdapat di sekitar pintu mobil depan Anda. Pada rekomendasi tersebut tercantum angka tekanan mobil dalam keadaan kosong maupun penuh. Bila beban dirasa penuh, tidak ada salahnya ditambah sedikit, jangan takut bila ban pecah karena ban pecah justru sering terjadi karena kurangnya tekanan angin. Pengukuran harus dilakukan pada saat ban dalam kondisi dingin, karena kalau panas, tekanan akan naik.

2. Periksa kaca mobil dan lampu kendaraan

Pastikan semua lampu bisa digunakan sebelum mobil digunakan, agar Anda merasa aman saat menempuh perjalanan di malam hari. Cucilah kaca mobil Anda dengan bersih agar terhindar dari kotoran dan jamur, karena jamur yang menempel pada kaca mobil dapat mengganggu penglihatan pengendara pada malam hari.

3. Periksa master rem dan master kopling
Periksa master rem dan master kopling sebelum melakukan perjalanan, sekalipun kondisimobil Anda terlihat tidak bermasalah. Rem dan kopling merupakan komponen yang sangat penting. Indikasinya mudah, kendaraan yang sudah menempuh jarak 40.000 KM atau sekitar 2 tahun, lebih baik master rem dan koplingnya diperbaharui.

4. Periksa kondisi aki
Periksa kondisi aki mobil Anda, agar sistem kelistrikan mobil Anda tidak bermasalah saat perjalanan. Jangan lupa untuk mengisi air aki Anda dan bila perlu ganti aki Anda dengan aki yang baru bila aki sudah tidak dalam kondisi yang layak untuk digunakan.

 

5. Bawa matras angin mobil


Bila Anda bepergian bersama keluarga, alangkah baiknya bila Anda membawa matras angin mobil untuk kenyamanan istirahat keluarga Anda. Matras angin mobil bisa Anda dapatkan dengan menghubungi nomor berikut 081232484343.